570 Wisudawan STP Trisakti Siap Bantu Pemerintah Pulihkan Sektor Pariwisata Pasca Covid 19

PriyonoRedaksi - Sabtu | 16 Januari 2021 | WIB
570 Wisudawan STP Trisakti Siap Bantu Pemerintah Pulihkan Sektor Pariwisata Pasca Covid 19
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

570 Wisudawan STP Trisakti Siap Bantu Pemerintah Pulihkan Sektor Pariwisata Pasca Covid 19

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti) sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi dibawah Yayasan Trisakti, pada Sabtu 16 Januari 2021 melepas 570 Wisudawan Sarjana S1, Magister Pariwisata S2 dan Sarjana Terapan (D3), prosesi wisuda digelar secara daring dan dan tatap muka yang diwakili oleh Wisudawan terbaik tahun akademik 2019 - 2020, dan tetap mengacu pada protokol kesehatan pencegahan pandemi covid 19. jumlah wisudawan 570 orang, yang terdiri dari S2 Pariwisata 61 Orang, Sarjana S1 berjumlah 42 wisudawan, sarjana terapan UPW 73 wisudawan, Sarjana Terapan Perhotelan 358 orang, dan diploma III hotel 36 orang.

Ketua Yayasan Trisakti, Dr Bimo Prakoso dalam sambutannya mengucapkan terimakasih pada orang tua wisudawan yang sudah bersama-sama bekerja menyumbangkan tenaga dan biaya untuk kemajuan anak-anaknya yang sedang berjuang meraih cita-cita di STP Trisakti, ini karena di STP Trisakti link and match cukup baik, sehingga sangat tepat untuk mengkuliahkan anaknya di STP Trisakti.

Pada para wisudawan, Dr Bimo Prakoso juga meminta wisudawan teruslah bekerja keras, karena penilaian 50% adalah motivasi pengabdian kita terhadap perusahaan dimana tempat kita bekerja, dan 20% ada adalah kesehatan jasmani. Jadi yang utama adalah kerja keras, jujur, penuh inovasi. untuk itu saya ingatkan jangan sampai terjebak pada narkoba karena bisa menghancurkan masadepan. yang kedua jangan korupsi, karena semua Dilihat Sama Yang Kuasa, tingkatkan komunikasi dengan para alumni yang lain.

Ketua Yayasan Trisakti ini juga mengapresiasi kepada seluruh jajaran unit Pendidikan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti atas kerja kerasnya selama ini, sehingga hasilnya juga baik dan atas kegigihan, kerja keras serta manajemen yang bagus hingga capaian yang diperoleh hari ini juga bagus, dimana mesti dalam kondisi yang berat, dalam situasi Pandemi Covid 19, namun kita bersyukur masih bisa Mewisuda 570 wisudawan, untuk itu kita harus juga mampu berhemat untuk kelangsungan pendidikan, dan kedepan bisa lebih baik lagi, menuju upaya yang sudah kita canangkan bersama, yang mampu bersaing, baik di dalam maupun di luar negeri, Pinta Dr Bimo Prakoso.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati, SE,MM memaparkan, bahwa kondisi sekarang dimana kita menggelar wisuda secara online dan offline, yang rencananya sudah jauh hari sebelumnya, serta sudah kita undur yang diharapkan bisa dilakukan dengan tatap muka, namun dengan masih tingginya angka pandemi Covid 19, maka harus dilakukan secara daring, dan kita harus bisa menerima kondisi ini yang sebelumnya tidak kita pikirkan namun diharapkan tidak mengurangi kualitas dari prosesi wisuda ini.

Sebagaimana program STP Trisakti untuk menuju Centre of excellent, dan dalam program tersebut saat ini kita berada di tahap ke-3 dan mudah-mudahan proses tersebut bisa terselesaikan dengan baik.

Kita juga bersyukur atas kerja keras seluruh dosen dan mahasiswa STP Trisakti banyak memperoleh penghargaan meskipun proses pembelajaran yang selama ini dilakukan dengan tatap muka namun harus dilakukan secara daring dan mudah-mudahan hal ini tidak mengurangi STP Trisakti untuk memberikan yang terbaik, kami bersyukur mendapatkan peringkat terbaik dari LL Dikti menjadi Sekolah Tinggi Swasta terbaik ke 12 di wilayah III DKI Jakarta, juga peringkat 2 Sekolah Tinggi dengan jumlah jabatan akademik dosen yang terbanyak, juga peringkat 3 tertinggi penerima kinerja penelitian dan penghargaan dari Kementerian Pariwisata atas pengembangan desa wisata terbaik.

Kami mengucapkan selamat pada para dosen yang memperoleh prestasi 11 dosen penerima hibah penelitian dan salah satu dosen menempuh S3 di luar negeri dengan program beasiswa.

Kami juga mengucapkan banyak terima kasih pada para mahasiswa dengan karya-karya terbaiknya yang disumbangkan selama menjadi mahasiswa di STP Trisakti, maupun beberapa hak cipta karya mahasiswa yang saat ini sudah dipatenkan. Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankan kami Mewisuda 570 orang, sebagai bentuk pertanggungjawaban kami pada masyarakat, bangsa dan negara. Dan kami bersyukur sebagian besar bisa lulus tepat waktu, dan 90% wisudawan hari ini sudah bekerja, tegas Fetty Asmaniati, SE,MM

Prof. Agus Setyo Budi Kepala LL Dikti Wilayah III Jakarta dalam sambutannya menegaskan, bahwa Sektor Pariwisata memiliki potensi sangat besar dan akan menjadi andalan utama devisa negara, meskipun dalam situasi Pandemi Covid 19 saat ini pariwisata menjadi industri yang sangat terdampak, untuk itu perlunya strategi dan membaca peluang. Dan pemerintah harus melakukan upaya pemulihan, salah satunya adalah dengan mencetak sumber daya manusia yang unggul melalui pendidikan tinggi yang berkualitas.

Kinerja perguruan tinggi di sepanjang tahun 2020 berada dalam situasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dengan adanya tantangan dan perubahan yang begitu cepat, seakan kita semua tidak siap, di mana pendidikan tinggi dituntut untuk mampu beradaptasi menggunakan kreativitas dan inovasi dalam pemanfaatan teknologi. dan kita bersyukur semua lembaga pendidikan tinggi di lingkungan LL Dikti wilayah III, mampu beradaptasi dan bergotong-royong, baik dosen mahasiswa dan Pimpinan perguruan tinggi dalam pembelajaran, semua bisa terus berlangsung hingga saat ini. Dan program Merdeka belajar - kampus merdeka yang diusung Dirjen Dikti akan tetap dikedepankan di tahun 2021 ini.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, juga tengah Menyusun kebijakan program untuk para dosen, di mana dosen bisa magang di dunia industri maupun lembaga riset di dalam maupun di luar negeri. selain itu juga program pendanaan berbasis Sinergi antar perguruan tinggi dengan dunia industri melalui platform yang sudah disusun. untuk itu kami berharap semua perguruan tinggi dapat bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang lebih lincah dan adaptif terhadap perubahan, orientasi ke masa depan, dengan berbagai program studi yang membangun kemitraan yang Sinergi dengan dunia kerja.

Kami ingin mengapresiasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang telah menorehkan berbagai prestasi dan banyak berkontribusi dalam berbagai kegiatan positif selama pandemi. dan penghargaan ini sebagai bukti bahwa STP Trisakti berada dalam pimpinan yang adaktif serta mampu berinovasi dan berkreasi selama pandemi covid 19 dan STP Trisakti sebagai peringkat kedua Perguruan Tinggi Swasta dengan jumlah presentasi jabatan akademik dan sertifikasi dosen terbanyak, kategori sekolah tinggi di wilayah III Jakarta. ini artinya para dosen di STP Trisakti sangat berkualitas.

STP Trisakti juga berada di tingkat ketiga untuk top skor perguruan tinggi swasta dengan kinerja penelitian tertinggi berdasarkan kategori Sekolah Tinggi tahun 2020. Anugerah tertinggi tersebut menunjukkan STP Trisakti memang kualitasnya dapat dibanggakan.

Dalam Klasterisasi Perguruan Tinggi di Indonesia, kita bangga STP Trisakti juga masuk 50 kampus terbaik saat ini, dan selama ini LL Dikti melihat STP Trisakti selalu menyajikan webinar terbaik yang bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, Industri dan masyarakat. juga dalam pengabdian masyarakat dalam bentuk bakti sosial penelitian dan jalinan kerjasama, untuk itu kami meyakini STP Trisakti sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang unggul, termasuk para wisudawannya memiliki pengetahuan, keterampilan dan soft skill yang mumpuni, untuk itu kelulusan bukanlah akhir, tetapi Awal dari perjalanan panjang yang akan dilewati generasi muda sebagai penerus bangsa. dan kami berharap seluruh wisudawan mampu mengaplikasikan seluruh ilmu yang telah diraih selama mengenyam pendidikan di STP Trisakti ini dengan penuh tanggung jawab, pinta Prof. Agus Setyo Budi.

Andre Gellytasa wakil Wisudawan mengaku bersyukur bisa menyelesaikan studi di STP Trisakti ini apalagi nama Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sangat dikenal dan harum namanya di industri pariwisata dan perhotelan, baik di dalam maupun di luar negeri, ini menjadi salah satu kebanggaan oleh alumni dan dengan selesainya skripsi maupun masa tadi diharapkan akan membawa kehidupan baru yang makin berwarna, ungkapnya. (Red)