Tingkatkan Peran Komite Sekolah, FKKS Jaktim Gelar Pra Raker 2020

Nurul KRedaksi - Kamis | 23 Juli 2020 | WIB
Tingkatkan Peran Komite Sekolah, FKKS Jaktim Gelar Pra Raker 2020
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Tingkatkan Peran Komite Sekolah, FKKS Jaktim Gelar Pra Raker 2020

Sebagaimana amanat organisasi yang diatur pada AD/ART, Forum Komunikasi Komite Sekolah Jakarta Timur (FKKS) pada Rabu 23 Juli 2020, bertempat di Ruang Pola, Gedung D lantai 7, Kantor Walikota Jakarta Timur, menggelar Pra Rapat Kerja FKKS Jakarta Timur, dengan tema "Kita Tingkatkan Kualitas dan Kebersamaan Komite Sekolah se-Jakarta Timur". Pra Raker FKKS Jakarta Timur tersebut dengan webiner zoom, yang dikombinasikan dengan tatap muka perwakilan Pengurus FKKS 10 Kecamatan dan 30 Panitia Pra Raker. Hadir juga dalam pra Raker FKKS Jakarta Timur Askesra Walikota Jakarta Timur haji Alawi dan Kasudin Pendidikan 1 Jaktim, Ade Y Narun.

Ir H Agung Karang, Ketua Panitia Raker FKKS Jaktim menegaskan bahwa Pra Raker digelar dalam menyiapkan bahan Raker yang akan digelar Agustus 2020 di Puncak Bogor.

Pra Raker dengan Webiner ini diikuti sekitar 100 peserta, dengan pengurus inti 31 orang di sekretariat FKKS Jaktim, atau Gedung Pola lt.7, dimana 21 orang adalah panitia Raker serta 10 wakil pengurus FKKS Kecamatan, kita terus tingkatkan sinergi dengan pemerintah maupun dunia usaha. Mari kita majukan organisasi FKKS Jaktim dan dunia pendidikan, Karena majunya suatu bangsa awalnya adalah dari pendidikan, tegas Agung Karang.

Disela Pra Raker FKKS Jaktim, Askesra Walikota Jakarta Timur, H Alawi menegaskan, bahwa Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mendukung penuh peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan, yang dalam hal ini diwakili oleh komite sekolah.

Kita berharap semua bisa bersinergi, khususnya Forum Komunikasi Komite Sekolah Jakarta Timur dengan Sudin pendidikan Jakarta Timur 1 dan 2, dan organisasi pendidikan lainnya, sehingga pendidikan bisa berkelanjutan dengan sempurna, sesuai yang diinginkan masyarakat.

Dengan adanya pemberitaan yang belum lama menghebohkan pendidikan dalam penerimaan peserta didik, H Alawi meminta pada orang tua anak didik tidak menerima informasi media sosial yang tidak lengkap, agar lebih cerdas dan bijak, sebaiknya informasi disaring dan dikomunikasikan dengan baik ke sekolah maupun komite sekolah, FKKS Jakarta Timur hendaknya bisa bekerja dengan iklas, berdaya guna serta berhasil guna untuk masyarakat dan dunia pendidikan, pinta H Alwi.

Sekjen DPP FKKSMN, H Nana, atas nama Ketua DPP FKKSMN menegaskan, bahwa Raker merupakan tuntutan organisasi yang harus kita jalani, agar organisasi bisa terpenuhi dan semakin bermanfaat untuk kebaikan hari ini dan nanti.

Kita ini punya anak yang sedang berjuang, dan tidak cukup dengan di rumah atau diserahkan ke sekolah, namun mari kita dukung anak kita yang sedang berjuang. Di Komite Sekolah kita harus tulus dan wajib berbuat baik di mana saja, karena kebaikan, sehingga anak kita menjadi orang yang bermanfaat dunia dan akhirat, paparnya.

Sementara Ade Y Narum Kasudin Pendidikan Jaktim 1 saat membuka Pra Raker juga menegaskan Bahwa peran komite sekolah di tengah pemberlakuan PSBB maupun Transisi pembatasan sosial berskala besar di Jakarta ini sangat besar, karena telah terjadi perubahan dalam sistem pendidikan, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam membantu proses belajar mengajar di Jakarta untuk itu berharap dalam penyusunan program saat Raker nanti agar programnya bisa bersinergi dengan Sudin pendidikan saya berharap programnya bisa diselaraskan dengan kami untuk itu koordinasi yang baik tuh kan.

Permasalahan lain dalam pendidikan saat ini di mana proses pendidikan pembiayaan tidak seluruhnya dipenuhi oleh pemerintah daerah karena ada pengurangan anggaran, namun bagaimana program tersebut tetap berjalan, karena proses pendidikan tidak boleh dikurangi karena hal tersebut adalah hak peserta didik.

Untuk itu kami harus melakukan Inovasi dan terobosan - terobosan, yang saat ini sudah dilakukan adalah pembelajaran jarak jauh, ini pun membutuhkan sarana prasarana khususnya bagi peserta didik, di sinilah orang tua juga harus menyiapkan baik handphone juga jaringan internet, untuk itu Raker FKKS Jaktim harus bisa bersama-sama menyelesaikan permasalahan dalam pendidikan, khususnya di Jakarta Timur, pinta Ade Y Narum.

Drs H Masdi Supriatik, Ketua FKKS Jaktim juga menambahkan bahwa dengan adanya pra Raker ini kita semakin semangat mendukung dan memediasi komite sekolah dengan dunia pendidikan, baik di Sudin Pendidikan Jaktim, Dinas Pendidikan DKI Jakarta maupun kementerian pendidikan dan kebidayaam, mudah-mudahan ada trobosan khususnya dengan pra Raker secara daring ini, kita semua siap membedah program yang akan kita lakukan saat Raker besok, Pra Raker kita harapkan ada rekomendasi dan masukan dari FKKS Kecamatan, apa yang bisa kita siapkan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, karena pendidikan butuh kita dan organisasi kita sudah ter legalisir baik Kumham, Notaris maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ungkapnya.

Data sponsor pra raker: Prima freshmart, toko pisang barangan, Erlangga, Oriflame, salma cake, Nurul Fikri, Maya drink , Heybruhitsel. (Nurul)