Bakamla RI Tingkatkan Sinergitas dengan Stakeholder

PriyonoRedaksi - Jumat | 17 Juli 2020 | WIB
Bakamla RI Tingkatkan Sinergitas dengan Stakeholder
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Bakamla RI Tingkatkan Sinergitas dengan Stakeholder

Banten, Jumat 17 Juli 2020 (Humas Bakamla RI/PR Indonesia Coast Guard) Bakamla RI yang dipimpin oleh Direktur Strategi Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos., melaksanakan kunjungan strategis empat lembaga negara yaitu BNNP Banten, KSOP Kelas 1 Banten, Polairud Polda Banten dan Lanal Banten, kemarin.

Direktur Strategi Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos., melaksanakan pertemuan bersama empat Stakeholder yang berlangsung selama empat hari guna membahas isu tentang keselamatan dan keamanan laut dari ancaman kekurangan dan pencurian sarana navigasi, perusakan pencemaran laut dan ekosistemnya, ancaman pembajakan perompakan dan sabotase serta ancaman kedaulatan di laut.

Adapun kunjungan ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah strategis penguatan sinergitas pengawasan dan pengamanan laut melalui penguatan interoperabilitas sistem peringatan dini dan operasi keamanan dan keselamatan laut yang terintegrasi serta terpadu.

Terdapat empat rekomendasi hasil pertemuan Bakamla RI dengan stakeholder. Pertama, Bakamla RI akan melakukan analisis terhadap kapal Angker terkait dengan biota laut dibawahnya, sehingga disesuaikan dengan insensitas kapal datang.

Kedua, Bakamla RI ikut serta dalam pengawasan kapal yang melakukan lego jangkar di wilayah yang tidak semestinya digunakan untuk anchor baik secara terpusat maupun secara kehadiran.

Ketiga, Bakamla RI akan memberikan masukan kepada TNI AL melalui Diskumal agar membuat SOP persuasif terkait dengan Kapal Asing-Kapal Militer yang melintas, karena di Selat Sunda terdapat Hak Lintas Damai yang dimiliki oleh kapal yang melintas. Dampaknya harus ada sinkronisasi kepada stakeholder di wilayah itu.

Keempat, Bakamla RI akan hadir pada kegiatan INSA (Indonesian National Shipowners Association) daerah bersama dengan perwakilan dari instansi pemerintah yang berwenang di wilayah perairan Banten agar tersampaikannya informasi dan menunjukkan eksistensi Bakamla RI sebagai pihak yang juga memiliki kewenangan untuk keamanan di laut.

Turut serta dalam kunjungan strategis Bakamla RI di Provinsi Banten diantaranya Kasubdit Harmonisasi Strategi Kamla Kolonel Bakamla Andy K. Wijaya, S.H.,M.H., Kasubdit Perumusan Strategi Kamla Kolonel Bakamla Frida Maria, S.H., M.H., Kasi Harmonisasi Strategi Operasi Kamla Mayor Bakamla A. Afandi Wijaya, S.HI., M.Si (Han)., Kasi Harmonisasi Strategi Peringatan Dini Kamla Mayor Bakamla Nara Nazimuddin, S.Kom., M.T., dan beberapa Staf Direktorat Strategi.