SIDANG SENAT UNINDRA DALAM ACARA WISUDA, MELEPAS 1.244 WISUDAWAN

PriyonoRedaksi - Rabu | 10 Oktober 2018 | WIB
judul]
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

SIDANG SENAT UNINDRA DALAM ACARA WISUDA, MELEPAS 1.244 WISUDAWAN

Sebagaimana tradisi dalam melepas Mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akademik, bertempat di Sasono Utomo TMII, Jakarta Timur, pada Rabu, 10 Oktober 2018, Sidang Senat Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) kembali menyelenggarakan kegiatan akademik berupa pelaksanaan Wisuda Ke-64 Tahun Akademik 2017-2018 semester Gasal. Disela acara Wisuda juga diisi orasi ilmiah, yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Agus Suradika, M.Pd, beliau Ketua PGRI Provinsi DKI Jakarta dan juga Deputi Pariwisata dan Budaya Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah III Jakarta, yang diwakili Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta, Budi Heri Pancasilawan SH,MM, mengucapkan selamat kepada para Wisudawan-wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan serangkaian proses pembelajaran yang terstruktur, acara wisuda ini adalah gambaran komitmen kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas mahasiswa, selama menjalani pendidikan di Unindra serta dukungan penuh dan doa orang tua dan keluarga.

Para Wisudawan harus bersyukur, karena Unindra merupakan Universitas yang tertib dalam pelaporan data, sebelum kami kesini kami selalu melakukan validasi para wisudawan, Apakah sudah memenuhi norma kaidah dan di sini para wisudawan semua sudah valid yang S1 dan S2, jadi kalau Wisudawan akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, baik Magister maupun Doktor, bisa membuka Web Kopertis Wilayah III, universitas mana yang terakreditasi dan mana yang tidak terakreditasi, karena yang tidak terakreditasi tidak boleh menerima mahasiswa, harapnya.

Saat ini kita telah masuk pada era Kebangkitan Industri 4.0, karena kedepan banyak pekerjaan yang akan digantikan oleh Sistem Big Data dan Robotic, bersiaplah dengan berbagai persaingan dan perubahan, untuk itu Jadilah Generasi Penerus bangsa yang mampu beradaptasi dengan perubahan, jadilah orang bermakna di lingkungan anda, dengan berbekal Ilmu, Akhlak dan Kewirausahaan, jangan berkeinginan untuk bekerja ke orang lain, namun jadilah wirausahawan baru,kita perlu berkreasi, mandiri serta tidak harus bergantung untuk bekerja pada orang lain, karena tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah, pinta Budi Heri Pancasilawan.

Prof. H Sumaryoto dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Mahasiswa yang diwisuda terdiri dari 160 mahasiswa Program Pascasarjana (S2), dan 1.084 mahasiswa Program Sarajana (S1). Adapun rincian peserta wisuda diantaranya Fakultas FIPPS Program Studi Bimbingan dan Konseling 84 orang, Pendidikan Ekonomi 296 orang, Pendidikan Sejarah 10 orang, Pendidikan Matematika 110 orang, Pendidikan Biologi 30 orang, Pendidikan Fisika 11 orang, Pendidikan Bahasa Ingris 144 orang, Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia 60 orang, Teknik Informatika 289 orang, Teknik Industri 40 orang, Teknik Arsitektur 10 orang.

Untuk Program Pascasarjana dari prodi Pendidikan IPS 35 orang, Pendidikan Bahasa Indonesia 25 orang, Pendidikan MIPA 55 orang dan Pendidikan Bahasa Inggris 45 orang, sehingga seluruh wisudawan berjumlah Total 1.244 orang, paparnya.

Prof Sumaryoto juga menjelaskan, bahwa periode tahun akademik 2017-2018 semester genap dilaksanakan sebanyak 5 kali wisuda, namun demikian berkali-kalinya wisuda, Kami tetap konsisten dan taat pada aturan-aturan serta rambu-rambu akademik yang ditetapkan oleh pemerintah, dan mengacu kepada Permenristekdikti Nomor. 61 tahun 2016, tentang sistem pelaporan untuk perguruan tinggi. Dan Unindra juga sudah punya rencana strategis atau Renstra, dan induk pengembangan yang tentunya didalamnya sudah memuat tentang berapa jumlah mahasiswa, berapa kebutuhan sarana prasarana dan seterusnya, tegasnya.

Secara internal, Unindra juga telah memberikan beasiswa studi lanjut untuk program S3, bagi para dosen, Unindra telah bekerjasama dengan 2 perguruan tinggi, dimana sebanyak 21 dosen Studi ke Universitas Pakuan, dan 2 Dosen Studi ke Universitas Borobudur, jadi Sudah 23 orang dosen mulai studi lanjut atas beasiswa internal Unindra, atas nama lembaga maupun seluruh civitas akademika, kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tidak terhingga, terutama kepada pengurus PGRI Pusat dan PGRI DKI Jakarta, yang telah mensupport atau mendukung serta membantu Sacara moral maupun material, sehingga program beasiswa berjalan dengan baik, ungkap Prof Sumaryoto.

Unindra memiliki tugas yang mulia, yaitu mengentaskan masyarakat dari kebodohan dengan memberikan kesempatan untuk kuliah di Unindra, dengan dana yang sangat-sangat terjangkau namun tetap mengedepankan kualitas lulusan, saat ini Unindra juga tengah membangun kembali Gedung Kampus yang baru, dengan 7 lantai, hanya saja masih terkendala perijinan, dan kita tetap mematuhi aturan yang ada, ungkapnya. (Nrl).